Senin, 06 Februari 2012

DASAR-DASAR MARKETING



Definisi

Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Konsep-konsep inti pemasaran.





Konsep pemasaran inti ini saling berhubungan dengan setiap konsep yang dibangun diatas konsep sebelumnya.

1.      Kebutuhan, Keingingan dan Permintaan
Kebutuhanpernyataan dari rasa kehilangan. Keinginanbentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual. Permintaankeinginan manusia yang didukung oleh daya beli.
2.      Produk
Segala sesuatu yang dapat ditawarkan pada pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
3.      Nilai, Kepuasan dan Mutu
Nilai bagi pelanggan, perbadaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tertentu. Kepuasan pelanggan, sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli bila kinerja produk lebih rendah ketimbang harapan pelanggan, pembelinya tidak puas. Mutuprogram yang dirancang untuk memperbaiki mutu produk, jasa, dan proses pemasaran secara terus menerus.
4.      Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan
Pertukarantindakan untuk memperoleh objek yang didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai penggantinya. Transaksiperdagangan antara 2 pihak yang paling sedikit melibatkan 2 macam nilai, persetujuan mengenai kondisi, persetujuang mengenai waktu, persetujuan mengenai tempat. Hubungan pemasaran,  proses menciptakan, memelihara dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak-pihak berkepentingan yang lain.
5.      Pasar
Perangkat dari semua pembeli actual dan potensial suatu produk atau jasa.


Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.





Sumber : Buku Philip Kotler & Gary Armstrong “Dasar-dasar Pemasaran”, Edisi ke-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar