Minggu, 12 Februari 2012

Segmentasi Pasar dan Menetapkan Pasar Sasaran


Segmentasi Pasar (Market Segmentation)
Membagi suatu pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda, yang mungkin memerlukan produk yang berbeda atau marketing mix yang berbeda. Pasar terdiri dari pembeli, dan pembeli berbeda dalam beberapa hal.

Dasar Untuk Mensegmentasikan Pasar Konsumen
Tidak ada cara tunggal untuk mensegmentasikan suatu pasar. Seorang pemasar harus mencoba membedakan variable segmentasi secara tunggal dan secara kombinasi. Ada beberapa variabel dalam membuat segmentasi pasar konsumen, yaitu :

Ø   Segmentasi geografis, menghendaki pembagian pasar kedalam unit-unit geografis seperti bangsa, negara, propinsi, kabupaten atau tetangga.

Ø  Segmentasi demografis (kependudukan), terdiri dari pembagian pasar  kedalam kelompok atas dasar variable kependudukan seperti usia, jenis kelamin, banyaknya anggota keluarga, daur hidup keluarga,  pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan nasionalitas.

Ø  Segmentasi psikografis, pembeli dibagi kedalam berbagai kelompok atas dasar kelas sosisal, gaya hidup dan karakteristik kepribadian.

- Kelas sosial, Contoh orang Amerika telah memperlihatkan bahwa kelas sosial mempunyai sesuatu pengaruh yang kuat terhadap preferensi seseorang dalam memilih mobil, pakaian, perabot rumah tangga dan sebagainya.
Gaya hidup, Contoh perusahaan blue jeans ingin merancang jeans untuk kelompok gaya hidup, ia akan memerlukan desain jeans, harga, iklan, toko dan sebagainya. Kalau perusahaan tidak memperinci kelompok gaya hidup primer yang menjadi sasaran maka jeansnya dapat tidak sesuai dengan kelompok gaya hidup pria dalam kelompok tertentu.
- Kepribadian, Contoh mobil pabrikan Ford dan Chevrolet dipromosikan sebagai kepribadian yang berbeda. Pemilik Ford dianggap memiliki kepribadian yg bebas, impulsif, jantan, dll. Sedangkan pemilik Chevrolet dianggap memiliki kepribadian konservatif, sadar pretise, kurang jantan, dll.

Ø  Segmentasi perilaku, dalam variabel ini pembeli digolongkan kedalam kelompok atas dasar pengetahuan, sikap, pemakaian atau tanggapan terhadap suatu produk. Banyak pemasar percaya bahwa variable tingkah laku adalah pangkal tolak paling baik untuk merumuskan segmen pasar.

Menetapkan Pasar Sasaran (Market Targeting)
Segmentasi pemasaran menunjukkan kesempatan segmen pasar yg dihadapi perusahaan. Perusahaan harus memutuskan berapa banyak segmen yang harus tercakup dan bagaimana mengidentifikasi segmen yang terbaik.
3 Alternative Pencakupan Pasar
Perusahaan dapat menggunakan salah satu dari 3 strategi pencakupan pasar, yang dikenal sebagai pemasaran spesialisasi produk, spesialisasi selektif, konsentrasi segmen tunggal.
Ø  Spesialisasi produk, perusahaan dapat memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan mengikuti keseluruhan pasar dengan hanya satu tawaran pasar. Strategi ini dipertahankan atas dasar penghematan biaya produksi, biaya persediaan, biaya transportasi dan juga menurunkan biaya iklan.
Ø  Spesialisasi selektif, perusahaan memutuskan untuk beroprasi dalam beberapa segmen pasar tetapi merancang tawaran tersendiri untuk setiap segmen. akan tetapi strategi ini juga meningkatkan biaya usaha, yaitu biaya modifikasi produk, biaya produksi, biaya administrasi, biaya persediaan dan biaya promosi.
Ø  Konsentrasi segmen tunggal, banyak perusahaan melihat kemungkinan pemasaran ini sangat menarik khususnya apabila sumber daya perusahaan terbatas. Pemasaran terpusat memliki resiko yang  lebih besar dibandingkan dengan pemasaran yang lain.

Sumber : Buku “DASAR-DASAR PEMASARAN” Philip Kotler, edisi kedua jilid 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar